Implementasi model pembelajaran advance organizer menggunakan LKS pada materi pokok persamaan kuadrat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di MA Miftahul Huda Brakas Dempet Demak tahun pelajaran 2010/2011

Budiarto, Cahyo (2010) Implementasi model pembelajaran advance organizer menggunakan LKS pada materi pokok persamaan kuadrat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di MA Miftahul Huda Brakas Dempet Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511023_Cahyo_Budiarto]
Preview
Text (SKRIPSI_063511023_Cahyo_Budiarto)
63511023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS pada materi pokok persamaan kuadrat di kelas X MA Miftahul Huda Brakas Dempet Demak; 2) apakah model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok persamaan kuadrat di kelas X MA Miftahul Huda Brakas Dempet Demak.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pra siklus ,siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus diperoleh data dari nilai belajar materi persamaan kuadrat sebelum menerapkan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS dua tahun sebelumnya yang kemudian dirata-rata.Yaitu prosentase ketuntasan klasikal hanya 56,98% dengan rata-rata kelas sebesar 58,16.
Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah rata-rata kelas minimal mencapai 60 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS, pada siklus 1 prosentase ketuntasan klasikal sebesar 68,57% dengan rata-rata 62,77, ketuntasan klasikalnya naik 11,59% dan rata-ratanya naik 4,61 dari hasil belajar pra siklus. Sedangkan pada siklus 2 prosentase ketuntasan klasikal naik 17,14% menjadi 85,71% dengan rata-rata kelas yang mencapai 70 yaitu naik 7,23 poin dari siklus 1.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khususnya tenaga pengajar matematika di Madrasah Aliyah untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar, serta bagi mahasiswa, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Advance organizer; Persamaan kuadrat; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2016 09:11
Last Modified: 21 Jun 2021 04:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4870

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics