Pengaruh kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan siswa MTs NU 01 Banyuputih Batang

Wulandari, Yuli (2015) Pengaruh kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan siswa MTs NU 01 Banyuputih Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113211006.pdf]
Preview
Text
113211006.pdf - Accepted Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Layanan menjadi tolok ukur bagi keberhasilan kerja suatu perusahaan/ instansi/organisasi yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan dengan cara memberikan jasanya kepada pelanggan/ penggunanya. Di dalam memberikan jasa pelayanan yang baik kepada pelanggan, terdapat lima kriteria penentu kualitas jasa pelayanannya itu keandalan, keresponsifan (ketanggapan), keyakinan, empati, serta berwujud. Pada dasarnya hakikat layanan perpustakaan berimplikasi pada kegiatan perpustakaan, kegiatan yang mempertemukan langsung antara petugas dengan pengguna perpustakaan, sehingga penilaian pengguna akan muncul ketika kegiatan layanan tersebut dilangsungkan. Perpustakaan akan di nilai baik secara keseluruhan oleh pengguna, jika mampu memberikan layanan yang terbaik, dan dinilai buruk secara keseluruhan, jika layanan yang diberikan buruk.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan siswa MTs NU 01 Banyuputih Batang di mana siswa ini sebagai pengguna perpustakaan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian expose facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan regresi sederhana. Dalam analisis korelasi product moment menghasilkan nilai koefisien korelasi (r) r= 0,474. Nilai koefisien korelasi kemudian diformulasikan kedalam hitungan persen (%) atau koefisien determinasi sehingga menghasilkan 22,5 %. Berarti dalam hal ini ada hubungan antara layanan perpustakaan dengan kepuasan siswa MTs NU 01 Banyuputih Batang sebesar 22,5 % dan sisanya 77,5 % dipengaruhi oleh factor lain.
Pada analisis regresi sederhana didapatkan jawaban persamaan regresi sederhananya yaituY ̂ = 14,27 + 0,35x dengan koefisien regresinya 0,35 dimana dapat dinyatakan bahwa kenaikan satu variabel X akan diikutisebesar 0,35 variabel Y. Sementara pada analisis varian diperoleh Fhitung= 16,833 dan Ftabel= 4,01 pada taraf signifikan 5% Fhitung>Ftabel yang artinya signifikan. Maka kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukannya itu kualitas layanan perpustakaan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan siswa MTs NU 01 Banyuputih Batang.
Setelah mengetahui hasil penelitian maka saran yang dapat disampaikan yaitu: Pertama ruang perpustakaan sebaiknya di desain lebih menarik dengan harapan siswa akan tertarik untuk berkunjung, kenyamanan pada diri siswa sehingga menimbulkan kesan kecanduan untuk berkunjung lagi ke perpustakaan. Kedua, koleksi perpustakaan sebaiknya di tingkatkan lagi, baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya.Bahan bacaan lebih beragam tidak hanya buku pelajaran tetapi buku bacaan berupa komik, novel dan lain-lain.Ketiga, petugas perpustakaan lebih disiplin dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai jadwal atau jam kerja perpustakaan.Keempat petugas perpustakaan dan kepala perpustakaan sebisa mungkin dari orang-orang yang memiliki latar pendidikan ilmu perpustakaan, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada sistem pengelolaan perpustakaan dan sistem kerja yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Fatkhuroji, M. Pd.; Dr. Musthofa, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan; Kepuasan siswa; Layanan Perpustakaan
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Mar 2016 06:51
Last Modified: 03 Mar 2016 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics