Efektivitas penerapan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi segiempat di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus tahun pelajaran 2014/2015

A’yuni, Dyah Qurrota (2015) Efektivitas penerapan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi segiempat di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511043_Dyah_Qurrota_A'yuni]
Preview
Text (SKRIPSI_113511043_Dyah_Qurrota_A'yuni)
113511043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas penerapan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi segiempat di MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru. Khususnya pada materi jajargenjang dan belah ketupat, peseta didik merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal latihan dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan masalah nyata. Selama ini peserta didik memperoleh pemahaman dengan menghafalkan rumus yang tidak diimplementasikan pada masalah nyata. Kurangnya keaktifan dan pemahaman peserta didik berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik yang rata-ratanya masih kurang dari KKM mata pelajaran matematika di sekolah yaitu 70. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi segiempat di MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus tahun pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VII MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, reliabelitas, tingkat kesukaran, dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan analisis data hasil belajar dengan penerapan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 78,17. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah adalah 56,75. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian tentang hasil belajar diperoleh , dan nilai . Karena maka ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VII B dengan menerapkan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick lebih besar atau sama dengan hasil belajar peserta didik kelas VII C dengan menggunakan konvensional metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan penerapan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional metode ceramah pada materi segiempat di kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari 03 Kudus tahun pelajaran 2014/2015, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan teknik kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick serta menerapkan kolaborasi pendekatan SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) dan pendekatan Talking Stick pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil Belajar; Matematika; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:25
Last Modified: 22 May 2021 06:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics