Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi segiempat menggunakan metode inkuiri dengan pendekatan saintifik pada peserta didik kelas VII MTs Sunan Prawoto tahun pelajaran 2014/2015

Junaidi, Ah (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi segiempat menggunakan metode inkuiri dengan pendekatan saintifik pada peserta didik kelas VII MTs Sunan Prawoto tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511094_Ah_Junaidi]
Preview
Text (SKRIPSI_113511094_Ah_Junaidi)
113511094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan mendeskripsikan dan menjelaskan sifat-sifat segi empat bagi peserta didik kelas VII. Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas VII B kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika kurang dari KKM. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik tidak berani bertanya mengenai materi yang belum dipahami, tidak mau menjawab pertanyaan, berbicara dengan teman sebelahnya, tidak berani mengerjakan soal di depan, belum dapat mendefinisikan dan menjelaskan sifat-sifat segi empat.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah penggunaan metode inkuiri degan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII B semester II MTs. Sunan Prawoto, Sukolilo Pati tahun pelajaran 2014/2015? .Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII B MTs Sunan Prawoto, Sukolilo Pati dengan jumlah 38 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumen, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase keaktifan dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus keaktifan peserta didik 50%, pada siklus I meningkat menjadi 65,79% dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 75,75%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus dengan nilai rata-rata 54,06 dengan ketuntasan belajar klasikal 25%, meningkat menjadi 64,74 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,63% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 73,68 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 71,05%.

Pembelajaran dengan metode inkuiri menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, untuk itu pembelajaran tersebut bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode inkuiri menggunakan pendekatan saintifik dapat menjadi motivasi, inovasi dan variasi dalam pembelajaran. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Inkuiri; Hasil belajar; Matematika; Pendekatan saintifik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:09
Last Modified: 22 May 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5127

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics