Pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis kelas X MAN Demak tahun pelajaran 2014/2015
Balya, Ahmad (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis kelas X MAN Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113611001.pdf - Accepted Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis kelas X MAN Demak tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Data penelitian ini didapatkan dari hasil pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran open ended). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan perhitungan r dengan taraf signifikansi 5% dengan n=40 diperoleh rhitung sebesar 0,741sedangkan harga rtabel untuk taraf signifikansi 5% dengan n=40 diperoleh rtabel = 0,312. Harga rhitung lebih besar dari rtabel (0,741 > 0,312) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Open ended; Kemampuan berpikir kritis; Listrik dinamis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 06:12 |
Last Modified: | 24 May 2021 05:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5129 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year