Pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis kelas X MAN Demak tahun pelajaran 2014/2015

Balya, Ahmad (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis kelas X MAN Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611001.pdf]
Preview
Text
113611001.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis kelas X MAN Demak tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Data penelitian ini didapatkan dari hasil pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran open ended). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan perhitungan r dengan taraf signifikansi 5% dengan n=40 diperoleh rhitung sebesar 0,741sedangkan harga rtabel untuk taraf signifikansi 5% dengan n=40 diperoleh rtabel = 0,312. Harga rhitung lebih besar dari rtabel (0,741 > 0,312) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Open ended; Kemampuan berpikir kritis; Listrik dinamis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:12
Last Modified: 24 May 2021 05:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics