Pengaruh pendekatan percobaan awal (starter experiment approach) terhadap hasil belajar siswa materi pokok hukum Newton kelas VIII SMP Negeri 3 Ngimbang Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2015/2016

Hariyani, Noviarina Triwilujeng (2015) Pengaruh pendekatan percobaan awal (starter experiment approach) terhadap hasil belajar siswa materi pokok hukum Newton kelas VIII SMP Negeri 3 Ngimbang Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611005.pdf]
Preview
Text
113611005.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian di SMP Negeri 3 Ngimbang tentang pengaruh Pendekatan Percobaan Awal (Starter Experiment Approach) terhadap hasil belajar siswa materi pokok Hukum Newton. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif Pendekatan Percobaan Awal (Starter Experiment Approach) terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Percobaan Awal (Starter Experiment Approach) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
Jenis penelitian ini termasuk true-experiment dengan rancangan post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang proses pengambilannya menggunakan teknis cluster sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) data hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Percobaan Awal (Starter Experiment Approach) lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata – rata kelas eksperimen leih tinggi dibanding dengan perolehan rata – rata kelas kontrol ((X ) ̅eksperimen=67,32 > X ̅kontrol=59,00). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Pendekatan Percobaan Awal (Starter Experiment Approach) dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Adanya perbedaan tersebut adalah berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,646 > ttabel = 2,001). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Percobaan Awal (Starter Experiment Approach) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa materi pokok Hukum Newton kelas VIII SMP Negeri 3 Ngimbang Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Percobaan Awal; Starter Experiment Approach; Hasil belajar; Hukum Newton; Pendidikan Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:14
Last Modified: 03 Jul 2021 04:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics