Keefektifan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI IPA MA NU BANAT Kudus tahun ajaran 2014/2015

Umah, Nasikhatul (2015) Keefektifan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI IPA MA NU BANAT Kudus tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611029.pdf]
Preview
Text
113611029.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran fisika adalah faktor utama, karena dengan peran aktif, peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki peserta didik sebelum proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran student facilitator and explaining diharapkan dapat mengembangkan keaktivan, mengarahkan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran, dan mampu menyampaikan pembelajaran yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran SFAE efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI IPA MA NU BANAT Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan hasil uji t sebesar 4,374 dengan t tabel = 1,664, α = 5%. Hasil uji t yang telah dilakukan menunjukkan bahwa t hitung > t tabel.. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 79,00 sedangkan kelompok kontrol sebesar 70,05.
Keword: keefektifan, model pembelajaran SFAE

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Wahib, M. Ag.; Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Student Facilitator and Explaining; Hasil belajar; Fluida statis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:17
Last Modified: 14 Dec 2021 10:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics