Pengaruh model pembelajaran deeper learning cycle dipadukan PBL pada materi reaksi redoks terhadap kemampuan berpikir kritis di MA NU 03 Sunan Katong

Fajariah, Intan Rizqia (2015) Pengaruh model pembelajaran deeper learning cycle dipadukan PBL pada materi reaksi redoks terhadap kemampuan berpikir kritis di MA NU 03 Sunan Katong. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113711025.pdf]
Preview
Text
113711025.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan pemahaman siswa MA NU 03 Sunan Katong dengan model pembelajaran Deeper Learning Cycle menggunakan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes essay yang disesuaikan dengan indikator berpikir kritis. Hasil analisis data menggunakan uji-t dan analisis regresi linier, diperoleh nilai t hitung > t tabel sebesar (2,489 > 2,00), dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 60, hasil uji Fregresi > F tabel (7,193 > 4,20) db = 28 taraf signifikansi 5%.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman siswa dengan penerapan model DELC menggunakan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi reaksi reduksi-oksidasi dan terdapat hubungan antara variabel X pemahaman konsep siswa yang mendapatkan model pembelajaran DELC menggunakan PBL terhadap variabel Y kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran kimia materi reaksi reduksi dan oksidasi pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.; H. Ismail, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan berpikir kritis; Reaksi redox
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:33
Last Modified: 20 May 2021 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics