Persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Biologi materi pokok sistem ekskresi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Mijen Demak tahun ajaran 2014/2015

Fauzah, Nikmatul (2015) Persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Biologi materi pokok sistem ekskresi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Mijen Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811014.pdf]
Preview
Text
113811014.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi materi pokok sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan cluster sampling, dengan jumlah responden sebanyak 39 siswa dari jumlah total siswa kelas XI IPA SMA N 1 Mijen yang berjumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode angket, metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Metode angket digunakan untuk mengambil data tentang variabel X, yaitu untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan Saintifik. Metode dokumentasi di gunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan keadaan sekolah, keadaan guru, dan keadaan siswa. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana Pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Mijen.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar Biologi materi pokok sistem ekskresi.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan saintifik sebesar 84,07 adalah pada interval 79-88, dengan kategori baik. Dan data tentang hasil belajar biologi materi pokok sistem ekskresi yaitu pada rata-rata 64,41 adalah pada interval 61-67, dengan kategori baik. Terbukti hasil perhitungan Freg hitung = 5,556435 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% (5,556435 >4,11), Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi “ada pengaruh positif antara persepsi siswa terhadap guru dalam penggunaan pendekatan saintifik dan hasil belajar biologi materi pokok sistem ekskresi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mijen Demak tahun ajaran 2014/2015 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Metode pembelajaran; Pendekatan Saintifik; Hasil belajar; Biologi; Sistem ekskresi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 575 Specific parts of and physiological systems in plants
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 05:41
Last Modified: 20 May 2021 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics