Analisis pembelajaran berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran IPS kelas II SDIT Assalamah Ungaran tahun ajaran 2014/2015
Ni’matusyifa, Ni’matusyifa (2015) Analisis pembelajaran berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran IPS kelas II SDIT Assalamah Ungaran tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911061.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari ketertarikan terhadap pembelajaran berbasis multiple intelligence yang dilaksanakan oleh sekolah dasar islam terpadu (SDIT) Assalamah Ungaran Semarang. Dimana pembelajaran dengan berbasis multiple intelligence terlihat berbeda dan unik dari pembelajaran biasanya. Dimana dengan menerapkan pendekatan multiple intelligence, SDIT Assalamah menerapkan konsep pendidikan yang menghargai seluruh kecerdasan anak. pada saat tes masuk pun SDIT Assalamah tidak memberlakukan tes berdasarkan mengukur tingkat kognitif siswa. tetapi dengan sistem kuota yakni melihat berapa kuota yang tersedia, setelah siswa masuk di SDIT Assalamah dilakukan tes MIR (Multiple intelligence research) yang mana pada tes ini akan diketahui kecenderungan kecerdasan belajar siswa. Dengan pendekatan multiple intelligence ini, SDIT Assalamah berusaha untuk menciptakan pembelajaran yang nyaman serta mengakomodasi dan memberi ruang untuk anak berkembang dan belajar sesuai dengan kecenderungan kecerdasannya, serta anak-anak akan lebih mudah dan nyaman dalam belajar. Tidak lagi terdapat anggapan akan bodoh karena sesungguhnya setiap anak itu beragam dan memiliki kecerdasannya masing-masing.
Sehingga dalam penelitian ini akan menjawab pertanyaan sebagai berikut: (1) bagaimana keragaman kecerdasan siswa di SDIT Assalamah Ungaran?. (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligence pada siswa di SDIT Assalamah Ungaran?. Untuk menjawab pertanyaan berikut, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun jenis penelitiannya adalah kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini bahwa: (1) kecerdasan siswa di SDIT Assalamah Ungaran sangat beragam yakni mencakup kecerdasan yang telah diungkapkan Dr Howard Gardner, kecuali satu kecerdasan yaitu eksistensial. (2) pelaksanaan pembelajarannya adalah yang pertama dengan konsep pelatihan terlebih dahulu bagi guru-guru, melaksanakan tes MIR (Multiple intelligence Research) bagi anak-anak SDIT Assalamah yang hendak masuk, selanjutnya pembagian kelas berdasarkan kecerdasannya.
Adapun untuk proses pembelajarannya adalah dengan menggunakan metode, media, maupun model pembelajaran yang disesuaikan dengan kelas kecerdasan siswa. dalam proses pembelajaran dengan pendekatan multiple intelligence terdapat hasil dan juga hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intelligence. Contoh hasilnya yaitu perubahan paradigma guru serta siswa lebih enjoy dalam belajar. Sedangkan salah satu hambatannya yaitu siswa yang cukup banyak sehingga kelas menjadi susah untuk dikondisikan dan juga beberapa sarana prasarana yang belum terdapat di SDIT Assalamah Ungaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Multiple intelligence; Ilmu Pengetahuan Sosial untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 05:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 03:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5203 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year