Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode word square pada pembelajaran tematik tema kesehatan kelas I MI Al Islam Mijen Demak tahun ajaran 2014/2015
Rahmawati, Maila Husnaya Zulfa (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode word square pada pembelajaran tematik tema kesehatan kelas I MI Al Islam Mijen Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113911081.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi metode word square dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema kesehatan di kelas I MI Al Islam Mijen Demak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik yang masih difokuskan pada penguasaan pengetahuan (knowledge). Guru masih menggunakan pembelajaran konvensional yang terfokus pada penguasaan materi sehingga peserta didik kurang tertarik dalam pembelajaran tematik. Permasalahan tersebut terjadi di MI Al Islam Mijen sehingga berpengaruh pada rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Data awal hasil belajar peserta didik sebanyak 45,83% belum tuntas dan 54,16% sudah tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 72,5. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya dalam meningkatkan hasil belajar melalui metode word square pada pembelajaran tematik tema kesehatan kelas I MI Al Islam Mijen Demak Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas I MI Al Islam Mijen Demak tahun ajaran 2014/2015 menggunakan metode word square.
Metode word square adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas seluruh peserta didik melalui permainan semacam teka teki silang, dimana di dalamnya mengandung persaingan antar individu untuk mendapatkan skor. Metode word square melatih keterampilan membaca dan ketelitian peserta didik, karena dalam metode ini peserta didik dituntut untuk mencari jawaban atau kata yang berkaitan dengan soal yang diberikan atau dibacakan oleh guru.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas I MI Al Islam Mijen yang dilaksanakan pada bulan Maret 2015 sampai April 2015. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal evaluasi dan lembar observasi.
Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan metode word square pada pembelajaran tematik kelas I menunjukkan peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dapat dilihat dari persentase jumlah peserta didik yang tuntas pada pra siklus sebesar 54,167% dengan kriteria sedang ,nilai rata-rata kelas 72,5, meningkat pada siklus I persentase jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 79,167% dengan kriteria tinggi, nilai rata-rata kelas 84,83 dan pada siklus II persentase jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria tinggi, nilai rata-rata kelas 88,1. Peningkatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotor dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik ranah afektif dan psikomotor. Hasil belajar ranah afektif pada pra siklus memperoleh skor 121 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 56% dengan kriteria sedang, sedangkan pada ranah psikomotor memperoleh skor 76 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,7% dengan kriteria Sedang. Pada siklus I hasil belajar ranah afektif memperoleh skor 159, persentase ketuntasan klasikal 73,6% dengan criteria tinggi dan pada ranah psikomotor memperoleh skor 154, persentase ketuntasan klasikal 71,2% dengan kriteria tinggi. Sedangkan pada siklus II hasil belajar ranah afektif memperoleh skor 179, persentase ketuntasan klasikal 82,8% dengan kriteria tinggi dan pada ranah psikomotor memperoleh skor 175, persentase ketuntasan klasikal 81% dengan kriteria tinggi. Dan pada ketuntasan individu mencapai kriteria baik.
Simpulan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan metode word square dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran tematik. Saran dalam penelitian hendaknya peserta didik bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran tematik serta metode word square dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Word Square; Pembelajaran tematik; Hasil belajar; Kesehatan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 08:32 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 10:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5208 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year