Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi persamaan kuadrat melalui model the power of two pada siswa kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Munasaroh, Munasaroh (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi persamaan kuadrat melalui model the power of two pada siswa kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_Munasaroh_113511111]
Preview
Text (SKRIPSI_Munasaroh_113511111)
113511111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran matematika kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara ketika melakukan pembelajaran matematika masih mengandalkan pola klasikal sehingga siswa hanya diajar dengan menggunakan model ceramah, tanya jawab dan latihan soal sehingga kemampuan siswa menjadi tidak merata dan menjadi pasif, Oleh karena itu, perlunya penerapan model pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah model the power of two (kekuatan dari dua orang)
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan model the power of two pada pembelajaran matematika materi Persamaan Kuadrat di kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara? 2) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Persamaan Kuadrat setelah menggunakan model the power of two di kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model the power of two pada pembelajaran matematika materi Persamaan Kuadrat di kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara dilakukan dengan memberikan lembar kerja kepada setiap siswa tentang materi yang dibahas kemudian dijawab, dilanjutkan guru membuat kelompok pasangan untuk saling meneliti jawaban masing-masing dan berdiskusi menentukan jawaban baru dari pasangan, hasil jawaban dari pasangan kemudian dipresentasikan di depan kelas, pasangan lain menyiapkan pertanyaan dan mengomentari pasangan yang maju. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Persamaan Kuadrat setelah menggunakan model the power of two di kelas X 2 MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa yang tuntas pada pra siklus ada 13 siswa atau 44%, siklus I ada 19 siswa atau 63% dan pada siklus II ada 27 siswa atau 90%. Ini menunjukkan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model the power of two berhasil dan mencapai indikator yang di tentukan yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika; Persamaan kuadrat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:24
Last Modified: 22 May 2021 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics