Penerapan peer learning model syndicate group dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015
Rumiyanto, Rumiyanto (2015) Penerapan peer learning model syndicate group dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113611061.pdf - Accepted Version
Download (10MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan penerapan peer learning model syndicate group dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Kajian ini dilatar belakangi oleh pengamatan bahwa kelas IX A lebih aktif dalam pembelajaran jika dibandingkan kelas IX B. Pada ulangan harian KD sistem reproduksi dengan KKM yang ditentukan oleh guru mata pelajaran sebesar 70, hasilnya kelas IX A 23 siswa nilainya tuntas, 6 siswa nilainya belum tuntas, dan rata-rata hasil belajar 75,76. Kelas IX B 11 siswa nilainya tuntas, 16 siswa nilainya belum tuntas, dan rata-rata hasil belajar 68,41. Sehingga muncul pemikiran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kelas IX B dengan suatu penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini guna menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan peer learning model syndicate group pada materi pokok listrik statis Kelas IX B MTs. Diponegoro Ungaran Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Apakah penerapan peer learning model syndicate group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IXB MTs. Diponegoro Ungaran Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015?
Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil dari pemberian tindakan pada silkus I keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 72,59 % dengan rata-rata hasil belajar 78,52 sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa secara klasikal 77,78 % dengan rata-rata hasil belajar 83,52. (2) Penerapan Peer Learning model Syndicate Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik statis kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Hasil temuan ini memberi gambaran kepada guru untuk mendesain pembelajaran dengan baik guna pencapaian hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Agus Sudarmanto, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Listrik statis; Keaktifan belajar; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 06:16 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 10:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5335 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year