Upaya peningkatan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan materi getaran dan gelombang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII MTs Muallimin Malebo Kandangan Temanggung tahun pelajaran 2014/2015

Amroniyah, Syarifatun (2015) Upaya peningkatan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan materi getaran dan gelombang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII MTs Muallimin Malebo Kandangan Temanggung tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611072.pdf]
Preview
Text
113611072.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran IPA di MTs Muallimin Malebo Kandangan pada kelas VIII berjalan sangat monoton. nilai rata-rata anak belum mencapai KKM. Peserta didik yang mencapai nilai KKM kurang dari 25%, dari niali Nilai KKM pembelajaran yang ditentukan yaitu sebesar 70, oleh karena itu dibutuhkan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah pembelajaran model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VIII di MTs Muallimin Malebo Kandangan Temanggung?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang melalui metode inquiri terbimbing pada peserta didik kelas VIII MTs Mualimin Malebo Kandangan telah mengalami peningkatan. Penilaian dinyatakan telah menunjukkan bahwa secara nilai telah mencapai 72 dari 20 peserta didik. Ketuntasan klasikal sebesar 100 % peserta didik yang mendapat nilai 70 ke atas dapat disimpulkan telah mencapai batas tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Metode pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Getaran dan gelombang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:21
Last Modified: 22 May 2021 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics