Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media flash card di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Athfal tahun pelajaran 2014/2015

Nasikun, Nasikun (2015) Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media flash card di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Athfal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911197.pdf]
Preview
Text
133911197.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan membaca dan menulis menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi siswa kelas 1 MI Miftahul Athfal Wonorejo. Evaluasi pembelajaran menulis yang dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2015 ternyata 75% siswa mendapat nilai kurang dari 70 dari jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Banyak siswa yang bicara sendiri, ngantuk dan kurang antusias dalam bertanya. Salah satu media pembelajaran yang penuh dengan permainan yang mengarah pada keaktifan siswa yang bisa dilakukan guru Bahasa Indonesia adalah penggunaan media flashcard. Media flashcard dapat berupa kartu bergambar yang dibawahnya terdapat tulisan yang di desain dengan warna yang menarik sehingga hal ini akan menyenangkan anak, maka anak akan termotivasi untuk belajar.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1)Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media flashcard pada pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1MI Miftahul Athfal Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca dan menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 MI Miftahul Athfal Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak yang di belajarkan dengan menggunakan media flashcard. 3) Untuk mengetahui apakah media flashcard dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Miftahul Athfal Wonorejo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan tes
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 MI Miftahul Athfal Wonorejo dengan menggunakan media flashcard, terlihat kemampuan membaca siswa mengalami kenaikan setiap siklusnya yaitu pada prasiklus ada 8 siswa atau 42%, mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 12 siswa atau 63% dan di akhir siklus II menjadi 17 siswa atau 89% yang tuntas. Begitu juga kemampuan menulis siswa mengalami kenaikan pada setiap siklusnya dimana pada prasiklus ketuntasannya mencapai 9 siswa atau 47% mengalami kenaikan pada siklus I ada 13 siswa atau 69%, dan pada siklus II mengalami kenaikan sebanyak 17 siswa atau 90%. Hasil tersebut ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Begitu juga keaktifan siswa terjadi kenaikan dimana pada siklus I ada 10 siswa atau 52% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II sudah mencapai siswa 16 siswa atau 86%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca; Kemampuan menulis; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:33
Last Modified: 11 Dec 2021 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics