Penerapan metode Montessori untuk perkembangan spiritualitas anak usia dini : di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal

Meiliana, Feni (2015) Penerapan metode Montessori untuk perkembangan spiritualitas anak usia dini : di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 114411031.pdf]
Preview
Text
114411031.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Spiritualitas adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehinga perlu sedini mungkin di ajarkan pada anak. Dalam pembelajaran spiritualitas dibutuhkan metode yang tepat untuk anak, salah satu metode yang digunakan adalah metode Montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Montessori pada anak usia dini dan untuk mengetahui perkembangan spiritualitas anak usia dini dengan menggunakan metode Montessori. Penelitian ini di maksudkan untuk menjawab bagaimana penerapan metode Montessori untuk perkembangan spiritualitas anak usia dini.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, angket, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di TK IT Amanah desa Sidapurna, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.
Hasil penelitian tentang penerapan metode montesori untuk perkembangan spiritualitas anak usia dini adalah di TK IT Amanah, metode Montessori yang telah berkembang diantaranya Menghargai Anak, Practical life, Periode sensori motorik anak, mempersiapkan lingkungan, belajar sendiri (Inner directed learning), Pengalaman pada anak, dengan pengunaan metode ini anak-anak dapat belajar dengan efesien dan dapat berkembang pesat dari berbagai aspek baik secara spiritual, afektif, kognitif dan motorik. Dan aspek spiritualitas yang berkembang pada anak usia dini di TK IT Amanah tersebut diantarnya; Dapat menyayangi ciptaan tuhan, terbiasa berperilaku sopan santun dan saling menghormati, memiliki rasa empati, menikmati keindahan alam, memiliki rasa aman. Ini di buktikan dengan hasil observasi sebagian besar siswa di TK IT Amanah telah memenuhi aspek-aspek tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Sri Purwaningsih, M. Ag.; Fitriyati, S. Psi., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Montessori; Perkembangan spiritual; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Apr 2016 05:43
Last Modified: 26 Jun 2021 04:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics