Studi komparasi prestasi belajar PAI pada aspek kognitif antara siswa yang ikut Rohis dengan siswa yang tidak ikut Rohis di SMA Negeri 3 Semarang Kelas XI tahun ajaran 2011/2012
Aziz, Ahmad (2012) Studi komparasi prestasi belajar PAI pada aspek kognitif antara siswa yang ikut Rohis dengan siswa yang tidak ikut Rohis di SMA Negeri 3 Semarang Kelas XI tahun ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
063111043_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
063111043_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
063111043_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (148kB) | Preview
063111043_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
063111043_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (99kB) | Preview
063111043_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
063111043_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang ikut organisasi Rohis dengan siswa yang tidak ikut organisasi Rohis pada siswa SMAN 3 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel reseach) yang bersifat deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 Semarang tahun ajaran 2011/2012 yang diambil 10% dari jumlah keseluruhan.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Dari penghitungan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa yang ikut organisasi Rohis pada siswa kelas XI SMAN 3 Semarang tahun ajaran 2011/2012 mempunyai nilai rata-rata 65. yang berada dalam interval 59 – 65 dengan kategori kurang. Sedangkan prestasi belajar biologi siswa yang tidak ikut organisasi Rohis pada siswa kelas XI SMAN 3 Semarang tahun ajaran 2011/2012 adalah 71.5 nilai itu berada dalam interval 67 – 72 dengan kategori kurang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik bahwa nilai t sebesar -1.901 berada lebih kecil dari pada nilai t yang ada dalam tabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 2.021 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,704 dengan dk 40.
Dengan dk sebesar 40 diperoleh t tabel pada taraf signifikansi 5% = 2.021 dan pada taraf signifikansi 1% = 2,704. atau dapat ditulis, dalam taraf signifikansi 1% thitung -1.901 < ttabel 2,704 . jika thitung -1.901 > ttabel 2.021. Jadi hipotesa alternatif (Ha) yang diajukan yaitu ada perbedaan adalah ditolak, dan hipotesa nihil (Ho) yang mengatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan adalah diterima.
Dari hasil penghitungan di atas, dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang ikut organisasi Rohis dan yang tidak ikut organisasi Rohis, pada siswa kelas XI SMAN 3 Semarang tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rohis; Pendidikan Agama Islam; Extra Kurikuler; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 06:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 05:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year