Studi diekripsi peran uru PAI dalam mengembangkan potensi keagamaan siswa di Sekolah Luar Biasa ABC Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal
Riyadi, Riyadi (2009) Studi diekripsi peran uru PAI dalam mengembangkan potensi keagamaan siswa di Sekolah Luar Biasa ABC Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3103103 _ Lengkap.pdf - Accepted Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diharapkan dapat menambah wacana bagi para guru-guru, khususnya guru PAI dalam melihat fenomena-fenomena sosial anak didik, memberikan masukan penting kepada seluruh pihak sekolah bahwa siswa yang berkelaianan harus dapat perhatian khusus untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya sejak lahir, dalam hal ini yaitu potensi keagamaan (fitrah).
Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana potensi keagamaan siswa di SLB ABC Kaliwungu kendal ? dan bagaimanakah peran guru PAI dalam mengembangkan potensi keagamaan siswa di SLB ABC kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal ?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yakni suatu telaah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yakni bermaksud untuk membuat pengindraan secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada peran guru PAI dalam pengembangan potensi keagamaan siswa di SLB ABC kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal..
Hasil dari analisis penelitian ini, bahwa dalam Pengembangan potensi keagamaan siswa yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa ABC merupakan suatu usaha agar siswa bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka terutama potensi keagamaannya, karena dalam kesehariannya mereka kurang dalam mendapatkan pemahaman tentang ajaran agama. materi yang diberikan dalam pelaksanaannya mengenai rukun iman, rukun Islam dan nilai-nilai ahklak. Dengan pemahaman tentang materi tersebut dapat memberikan pemahaman tentang akidah, syariat Islam dan akhlak yang menjadi kewajiban para siswa untuk selalu menjalankannya dan menjadi landasan para siswa dalam hidupnya. dengan menggunakan metode kelompok karena melihat dari keadaan anak yang dibimbingnya sesuai dengan keadaan kecacatan yang mereka miliki dan melihat dari keadaan siswanyapun dalam penyampaian materi berbeda-beda. Oleh sebab itu peran guru agama Islam sebagai pembimbing (murobbi) dapat membantu siswa dalam memahami ajaran agama, agar para siswa bisa mengembangkan potensi keagamaannya yang sudah ada pada diri mereka dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam hidupnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Abdul Wahib, M. Ag.; Drs. Wahyudi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru; Pendidikan agama Islam (PAI); Potensi Keagamaan Siswa; Sekolah Luar Biasa |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 25 May 2016 01:20 |
Last Modified: | 25 May 2016 01:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5485 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year