Implementasi Model Assessment pada Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Pada TPQ Nurul Qur’an di Ds. Kemiri, Kec. Jepon, Kab. Blora Pada Tahun Ajaran 2010/2011)
Anam, Misbkhul (2012) Implementasi Model Assessment pada Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Pada TPQ Nurul Qur’an di Ds. Kemiri, Kec. Jepon, Kab. Blora Pada Tahun Ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
063111136_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (331kB) | Preview
063111136_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
063111136_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (174kB) | Preview
063111136_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
063111136_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (81kB) | Preview
063111136_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
063111136_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Implementasi Model Assessment Pada Pembelajaran al-Qur’an (Studi Pada TPQ Nurul Qur’an di Ds. Kemiri, Kec. Jepon, Kab. Blora Pada Tahun Ajaran 2010/2011). Permaslahan dalam penelitian ini yaitu penguasaan siswa terhadap materi pelajaran al-Qur’an. Dengan rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi model assessment pada pembelajaran al-Qur’an di TPQ Nurul Qur’an di Ds. Kemiri, Kec. Jepon, Kab. Blora pada tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data model interview, observasi dan dokumentasi. Adapun analisisnya menggunakan analisis deskriptif dengan logika induksi dan diduksi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan model assessment dalam proses mengajar di TPQ Nurul Qur’an mengenai kefasihan cara baca al-Qur’an dari santri, kolaborasi pengetahuan al-Qur’an dengan kecakapan dalam baca al-Qur’an, serta pembentukan kepribadian santri yang religius. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penilaian model assessmen merupakan suatu proses untuk mengetahui apakah proses dan hasil dari suatu program kegiatan telah sesuai dengan tujuan atau kriteria yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan kedisiplinan, menejemen pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dalam penelitian ini aspek yang dipandang kurang meliputi pembelajaran terpusat pada guru atau sifatnya hanya transfer knowlidge saja. Kurangnya perhatian terhadap psikologi santri yang latarbelakangnya variatif. (2) pelaksanaan penilaian model assessment di TPQ Nurul Qur’an memberikan kontribusi terhadap guru menjadi lebih memahami cara pengelolaan kelas yang kondusif dan penerapan menejemen pembelajaran lebih disiplin dan afektif. Sementara itu untuk santri sendiri mengharuskan agar mendukung pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an lebih maksimal dan disiplin. Adapun sarana dan prasarana yang cukup memadai dapat mengantarkan santri untuk berkembang menjadi kepribadian yang mandiri dan bertanggung jawab. Dalam penelitian ini temuan tersebut memberikan acuan terhadap penilaian atau evaluasi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran al-Qur’an di TPQ Nurul Qur’an agar lebih baik dan sebagai bagian untuk memperbaiki penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur’an; Metode Mengajar; TPQ; Model Assessment |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 07:06 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 03:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/551 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year