Efektivitas model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Randublatung pada materi pokok getaran dan gelombang tahun pelajaran 2014/2015

Toha, Wasil (2015) Efektivitas model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Randublatung pada materi pokok getaran dan gelombang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611050.pdf]
Preview
Text
113611050.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 01 Randublatung Blora yang beralamat di Jl. Diponegoro no. 13 Pilang Randublatung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 32 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran Problem Posing.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu dengan uji t satu pihak kanan. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5% dan n = 32 diperoleh ttabel = 2,04 sedangkan thitung = 5,307 . Karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa pengajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih efektiv daripada pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 82,46 dan kelas kontrol = 74,18 . sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika pada materi pokok getaran dan gelombang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada hasil belajar fisika materi pokok getaran dan gelombang dengan pembelajaran konvensional.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadllan, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem posing; Hasil belajar; Fisika; Getaran dan gelombang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Jun 2016 08:30
Last Modified: 14 Dec 2021 10:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics