Analisis pesan dakwah dalam iklan zakat Dompet Dhuafa karya Syafa’at Marcomm

Satryadi, Ardi (2016) Analisis pesan dakwah dalam iklan zakat Dompet Dhuafa karya Syafa’at Marcomm. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 111211069.pdf]
Preview
Text
111211069.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi massa yang bertujuan mempersuasi pemirsanya untuk melakukan sesuatu. Ini tidak berbeda jauh dengan dakwah, namun esensi dalam dakwah lebih ditekankan kepada amar ma’ruf nahi munkar. Dakwah juga bisa diselipkan dalam iklan, berupa ajaran agama dan moral yang baik, seperti berbagai iklan yang kerap muncul dalam berbagai peringatan hari besar Islam. Iklan zakat Dompet Dhuafa karya Syafa’at Marcomm merupakan salah satu dari berbagai iklan dakwah. Iklan ini mengambil haluan untuk mengajak berzakat, yang mana selama ini banyak terlupakan oleh masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam iklan zakat Dompet Dhuafa karya Syafa’at Marcomm. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi (content analysis) yang tidak hanya memfokuskan penelitian terhadap komunikasi yang tersurat, namun juga untuk mengetahui isi komunikasi yang tersirat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat video iklan zakat Dompet Dhuafa yang didapat dari Syafa’at Marcomm, yaitu: Brangkas Apung, Zakat Bahagia, Zakat Untuk Bangsaku, dan Gelombang Ekonomi Zakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terkandung dalam iklan Zakat Dompet Dhuafa karya Syafa’at Macomm yaitu: zakat sebagai bukti keimanan, zakat sebagai fondasi keislaman, memperkuat tali persaudaraan sesama muslim, ringannya kewajiban berzakat, kebahagiaan berbagi, menyegerakan melakukan kebaikan, etika menyalurkan zakat, percaya kepada amil, berlomba-lomba dalam kebaikan, dan menjauhi sifat riya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Nadiatus Salama, M. Si.; Drs. Fachrur Rozi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Iklan zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Sep 2016 00:15
Last Modified: 17 Sep 2016 00:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics