Efektivitas pendekatan komunikatif melalui metode demonstrasi dengan media terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015

Susanti, Erma (2016) Efektivitas pendekatan komunikatif melalui metode demonstrasi dengan media terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611019.pdf]
Preview
Text
113611019.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengambil data nama siswa dalam populasi dan sampel penelitian. Pengumpulan data juga menggunakan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan dua rata-rata sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional
Hasil Pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji-t diperoleh thitung = 1,854 dan ttabel = 1,678 dengan taraf signifikan α = 5% dan dk = 24 + 24 - 2 = 46. Karena thitung > ttabel maka ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 82 dan kelas kontrol sebesar 77. Hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015. Jadi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana efektif dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; Pendekatan komunikastif; Hasil belajar; Tekanan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:30
Last Modified: 15 Dec 2021 10:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics