Pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap pemecahan masalah kontekstual peserta didik kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang pada materi lingkaran tahun pelajaran 2015/2016

Masitoh, Ida Ayu (2016) Pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap pemecahan masalah kontekstual peserta didik kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang pada materi lingkaran tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (931kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dalam penelitian ini terdapat satu kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII B terdiri atas 21 peserta didik.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : rata rata kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang diperoleh rata-rata 69 sedangkan rata-rata pemecahan masalah kontekstual peserta didik diperoleh 64, berarti selisih kedua kelas tersebut adalah , selanjutnya pada analisis persamaan garis regresi antara kemampuan koneksi matematis dengan pemecahan masalah kontekstual materi lingkaran kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang diperoleh persamaan Y=12,149+0,750X. Analisis uji hipotesis korelasi kemampuan koneksi matematis dengan pemecahan masalah kontekstual materi lingkaran kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dengan korelasi product moment diperoleh nilai r_xy=0,82 merupakan kategori sangat kuat, karena 0,80<R<1,00. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan r_tabel=0,4329 pada taraf signifikansi 5%. Demikian r_xy=0,82>r_tabel=0,4329, maka dinyatakan signifikan.
Analisis lanjutan dengan analisis varian garis regresi dengan rumus regresi satu prediktor dan diperoleh nilai F_reg=37,615 dan dikonsultasikan dengan F_tabel=0,381 pada taraf signifikansi 5%. Maka F_reg>F_tabel pada taraf signifikansi 5%, oleh karena itu hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat pengaruh positif yag signifikan antara kemampuan koneksi matematis dengan pemecahan masalah kontekstual materi lingkaran kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang. Dari hasil uji keberartian dan kelinieran persamaan regresi linier pada tabel Anava diperoleh nilai F_hitung=37,615 dan F_tabel=4,381. Sehingga F_hitung≥ F_tabel maka model regresi Y=12,149+0,750X signifikan. Sedangkan perhitungan untuk uji kelinieran diperoleh nilai F_hitung=3,933 dan F_tabel=3,976. Sehingga F_hitung≤ F_tabel maka model regresi Y=12,149+0,750X linier. Ini berarti ada pengaruh antara kemampuan koneksi matematis terhadap pemecahan masalah kontekstual peserta didik kelas VIII SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang pada materi lingkaran tahun pelajaran 2015/2016.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan memberikan pengalaman kepada pendidik untuk lebih kreatif dalam memberikan pembelajaran meningkatkan kemampuan koneksi matematispeserta didik agar mampu dalam pemecahan masalah kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Koneksi matematis; Pendidikan matematika; Lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:37
Last Modified: 04 Oct 2016 00:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics