Efektivitas model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016

Apriliyani, Ninta (2016) Efektivitas model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (953kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah True Experimental Design jenis Posttest-Only Control Design. Sampel dari penelitian ini dari kelompok eksperimen yaitu kelas VII-G sebanyak 36 peserta didik dan kelompok kontrol yaitu kelas VII-H sebanyak 36 peserta didik yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik kelas VII khususnya pada materi himpunan di SMP Negeri 1 Mlonggo, diantaranya adalah pembelajarannya masih menggunakan pembelajaran konvensional atau ceramah yang menyebabkan peserta didik menjadi pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga yang terjadi hanya komunikasi satu arah antara guru ke peserta didik, peserta didik kesulitan untuk menerjemahkan bentuk simbol, notasi, maupun gambar dalam bentuk lisan maupun tulisan, ketidakmampuan peserta didik dalam mengemukakan ide ataupun pendapat kepada teman maupun gurunya, serta jarangnya peserta didik yang bertanya kepada guru maupun teman mengenai matematika, sehingga komunikasi peserta didik sangat rendah.
Data penelitian dikumpulkan dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data yang terkumpul melalui metode tes kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test antara kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan model Think-Talk-Write (TTW). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Think-Talk-Write (TTW) sebesar 76,2. Dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 53,8. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,813 dan ttabel = 1,667 dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa , maka dapat disimpulkan ada perbedaan kemampuan komunikasi matematika pada materi himpunan antara peserta didik yang mendapat perlakuan model pembelajaran Think-Talk-Write dalam pembelajarannya dan peserta didik pada kelas konvensional yang tidak mendapat perlakuan.
Perbedaan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik/efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think-Talk-Write (TTW); Komunikasi matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:42
Last Modified: 12 Jan 2021 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics