Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok Trigonometri

Probondani, Sri Desti (2016) Pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok Trigonometri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123511073.pdf]
Preview
Text
123511073.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Banyumas bahwa berdasarkan pengalaman beliau dalam mengajar, siswa masih kesulitan dalam memanipulasi rumus untuk menyelesaikan soal-soal trigonometri. Hal ini mengakibatkan kemampuan representasi matematis yang dimiliki siswa pun masih cenderung rendah. Rendahnya kemampuan representasi matematis ini terlihat pada kemampuan siswa membuat representasi persamaan atau ekspresi matematis, di mana siswa belum dapat menyelesaikan masalah matematika dengan melibatkan ekspresi matematis. Representasi merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Pada materi pokok trigonometri, representasi sangat diperlukan karena karakteristik trigonometri yang penuh dengan perhitungan, simbol, gambar, dan grafik. Sedangkan siswa dengan kecerdasan logis-matematis yang tinggi memiliki kecenderungan pandai dalam memecahkan masalah dan memahami hal-hal yang bersifat abstrak. Disamping itu, sebagian besar materi trigonometri bersifat abstrak dan beberapa soal trigonometri berupa soal penerapan sehingga kemampuan representasi matematis sangat diperlukan oleh peserta didik kelas XI untuk menyelesaikan soal-soal trigonometri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah kecerdasan logis-matematis berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok trigonometri.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPA MA Watoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 115 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa dari kelas XI A. Sedangkan untuk kelas uji coba yaitu 27 siswa kelas XII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan logis-matematis peserta didik kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 61,36% sedangkan tingkat kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 sebagian besar juga berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 70,45%. Kecerdasan logis-matematis berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI MA Wathoniyah Islamiyah Banyumas tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok trigonometri. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya r_hitung sebesar 0,4331 > r_((0,05;42)) 0,297. Dengan hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Y ̂= 36,55009+0,399338X yang berarti bahwa jika kecerdasan logis-matematis bernilai nol, maka kemampuan representasi matematis siswa sebesar 36,55009 poin dan jika kecerdasan logis-matematis naik sebesar 1 poin, maka kemampuan representasi matematis naik sebesar 0,399338 poin. Sedangkan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 18,76% yang berarti bahwa kecerdasan logis-matematis berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis sebesar 18,76% dan sisanya 81,24% dipengarui oleh faktor lain.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan insformasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa kecerdasan logis-matematis berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis pada materi trigonometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan logis-matematis; Representasi matematis; Trigonometri
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:44
Last Modified: 06 Oct 2016 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics