Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi himpunan siswa kelas VII MTs Tanbihul Ghofilin tahun pelajaran 2015/2016

Labibah, Umi (2016) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi himpunan siswa kelas VII MTs Tanbihul Ghofilin tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123511078.pdf]
Preview
Text
123511078.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas VII H MTs Tanbihul Ghofilin. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik Indonesia yaitu kelas VII H yang berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes evaluasi pemecahan masalah.
Data yang telah dianalisis dapat digambarkan dalam deskriptif sederhana. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada pra siklus kelas VII H yaitu 56,61 dan pada siklus 1 mendapat rata-rata 58,75. Dari pra siklus dan siklus 1 mendapat selisih 2,14. Kemampuan pemecahan masalah pada siklus 1 mendapat rata-rata 58,75 dan pada siklus 2 mendapat rata-rata 71,33. Dari siklus 1 dan siklus 2 mendapat selisih 12,58. Selain rata-rata kemampuan pemecahan masalah, didapat juga nilai terendah pada siklus 1 yaitu 20 dan nilai terendah pada siklus 2 yaitu 27,5, ini artinya mengalami peningkatan 7,5 poin. Kemudian untuk nilai yang tertinggi kemampuan pemecahan masalah juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 nilai tertingginya yaitu 92,5 dan pada siklus 2 nilai tertingginya yaitu 100, ini artinya mengalami peningkatan 7,5 poin. Dari tiga tahap tersebut jelaslah bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI).
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S. Pd, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Model pembelajaran; Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:47
Last Modified: 06 Oct 2016 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics