Pengembangan modul virtual kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi elektrokimia program produktif teknik sepeda motor di SMK Palapa Semarang

Fatma, Anisa Nur (2016) Pengembangan modul virtual kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi elektrokimia program produktif teknik sepeda motor di SMK Palapa Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penerapan kimia sebagai program kimia adaptif di SMK belum terlaksana dengan baik dimana media pembelajaran yang digunakan belum spesifik untuk SMK. Kimia sebagai materi adaptif di SMK kurang menarik minat peserta didik karena dianggap kurang berkaitan dengan program produktif mereka. Untuk itu, dikembangkan modul virtual sebagai media pembelajaran yang berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi elektrokimia sehingga peserta didik dapat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata dan program produktif yang mereka pilih. Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan rancang bangun dan karakteristik media pembelajaran modul virtual kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi elektrokimia di SMK (2) Mengetahui keefektifan modul virtual kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi elektrokimia di SMK
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R n D), dengan model Borg and Gall yang meliputi: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi; 2) desain dan pengembangan produk; 3) uji lapangan terbatas; 4) revisi ke-1; 5) uji lapangan lebih luas; 6) revisi ke-2; 7) uji lapangan operasional; 8) revisi ke-3; 9) produk akhir. Modul yang dikembangkan terdiri dari tiga materi yaitu reaksi reduksi dan oksidasi, sel Volta, dan sel elektrolisis. Modul tersebut diaplikasikan dalam bentuk aplikasi android dan disebarluaskan melalui internet. Keefektifan modul didasarkan pada hasil belajar peserta didik Kelas X-TSM 1 SMK Palapa Semarang setelah dilibatkan dalam proses pembelajaran menggunakan modul yang dikembangkan dan tanggapan peserta didik. Hasil belajar siswa terdiri dari hasil belajar kognitif, affektif, dan psikomotorik. Hasil belajar kognitif peserta didik adalah 96% siswa telah mencapai Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dengan rata-rata 82,15 dan termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar afektif siswa adalah 81,84% termasuk kriteria baik. Hasil belajar psikomotorik siswa adalah 84,17% termasuk kriteria baik. Hasil angket tanggapan peserta didik adalah 82% dengan tingkat sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diberikan di atas dapat disimpulkan bahwa modul virtual elektrokimia berbasis Contextual Teaching and Learning efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran elektrokimia di SMK. Penilaian lebih lanjut tentang efektifitas modul yang dikembangkan harus dilakukan untuk penyebaran yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Anissa Adiwena Putri, M. Sc.; Ratih Rizqi Nirwana, S. Si, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul virtual; Model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Electrochemistry
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:52
Last Modified: 06 Oct 2016 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics