Efektivitas kombinasi model pembelajaran think talk write dengan teams games tournament terhadap hasil belajar siswa materi Keanekaragaman Hayati kelas X MA Darul Ma’la Winong Pati tahun pelajaran 2015/2016

Anggreini, Dwi Wanti (2016) Efektivitas kombinasi model pembelajaran think talk write dengan teams games tournament terhadap hasil belajar siswa materi Keanekaragaman Hayati kelas X MA Darul Ma’la Winong Pati tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kombinasi model pembelajaran Think Talk Write dengan Teams Games Tournament efektif terhadap hasil belajar siswa materi keanekaragaman hayati kelas X MA Darul Ma’la Winong Pati tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen dan berdesain “pretest-posttest control group design” yang dilaksanakan di MA Darul Ma’la Winong Pati. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data hasil penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 4,575 sedangkan ttabel = 1,671. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttable, berarti rata-rata hasil belajar siswa materi keanekaragaman hayati yang diberi perlakuan menggunakan kombinasi model pembelajaran TTW dengan TGT lebih tinggi daripada hasil belajar pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 83,00, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata lebih rendah yaitu 73,93. Kesimpulan dari perolehan data tersebut adalah penerapan kombinasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar siswa materi keanekaragaman hayati kelas X MA Darul Ma’la Winong Pati tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.; Dr. Lianah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think Talk Write (TTW); Teams Games Tournament (TGT); Hasil belajar; Keanekaragaman hayati
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:04
Last Modified: 07 Oct 2016 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5928

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics