Faktor-faktor penghambat pemasaran produk Si Aqur (Simpanan Aqiqah/Qurban) di KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk
Hidayah, Isyna Nurul (2016) Faktor-faktor penghambat pemasaran produk Si Aqur (Simpanan Aqiqah/Qurban) di KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk. Diploma thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (744kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (249kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (317kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (300kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (163kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (66kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tugas akhir ini berjudul “FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMASARAN PRODUK SI AQUR (SIMPANAN AQIQAH /QURBAN) DI KJKS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA GENUK”. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk yang kurang diminati masyarakat yaitu produk Si Aqur (Simpanan Aqiqah /Qurban) yang menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah, berdasarkan prinsip tersebut tidak ada pembatasan bagi BMT dalam menggunakan dana yang dihimpun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme produk Si Aqur, faktor-faktor penghambat pemasaran Si Aqur dan solusi untuk meningkatkan produk Si Aqur.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara terhadap manager dan karyawan KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk, observasi secara langsung terhadap obyek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja di KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan produk Si Aqur (Simpanan Aqiqah /Qurban) pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor-faktor penghambat pemasaran produk Si Aqur yaitu Simpanan Si Aqur tidak bisa diambil sewaktu-waktu, sehingga masyarakat berfikir suatu saat jika membutuhkan dana cepat tidak bisa mengambil dananya, belum semua anggota mampu melakukan Qurban sehingga menyebabkan masyarakat kurang berminat menyimpan dananya di Si Aqur, kurangnya promosi produk Si Aqur oleh KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera terbukti ketika menyampaikan ke masyarakat hanya menitik beratkan pada produk lain, KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Genuk tidak menyediakan brosur Si Aqur sehingga masyarakat kurang tahu akan produk tersebut, kurangnya SDM (Sumber Daya) yang kompeten yaitu kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam mempromosikan produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Hj. Nur Huda, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran; Produk perbankan; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 06:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 06:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5967 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year