Problematika guru dalam menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada pembelajaran pendidikan agama islam dan solusinya di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016

Nurhayati, Tanti (2016) Problematika guru dalam menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada pembelajaran pendidikan agama islam dan solusinya di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 093911069.pdf]
Preview
Text
093911069.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Problematika Guru dalam menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kabupaten Pati. Meliputi masalah-masalah yang dialami guru dalam menguasai TIK dan solusi yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa saja problematika guru dalam menguasai TIK di MI al-Asy’ari Kuniran batangan pati?; (2) Bagaimana solusi mengatasi problematika guru dalam menguasai TIK di MI al-Asy’ari Kuniran batangan pati?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Problematika yang dihadapi guru dalam menguasai TIK pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati yaitu: a) kemampuan dasar guru dalam bidang TIK yang memang masih rendah. b) ketersediaan fasilitas TIK yang masih beluma memadahi. c) Sekolah tidak mengharuskan guru menggunakan TIK dalam proses pembelajaran. Sehingga guru kurang terangsang untuk lebih mengembangkan diri. d) Keterbatasan waktu yang digunakan untuk mempersiapkan media TIK di dalam pembelajaran. e) Anggapan guru yang menganggap bahwa materi yang ada di buku sudah cukup untuk mengajarkan siswa dengan baik sehingga tidak diperlukan media TIK. f) Kenyamanan guru dalam menggunakan metode belajar konvensional, yang dianggap lebih mudah dan tidak menyulitkan. g) Tidak adanya kegiatan pelatihan-pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK. (2) Solusi yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah-masalah yang dialami guru dalam menguasai TIK pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati diantaranya adalah sebagai berikut: a) Pemberian fasilitas yang lengkap dan memadai bagi setiap guru. b) Pemberian fasilitas TIK yang menunjang pembelajaran disetiap ruang kelas. c) Melaksanakan program pelatihan rutin dalam bidang TIK kepada para guru di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kendal, khususnya guru PAI. d) Melaksanakan kegiatan pelatihan tentang metode pembelajaran yang efektif dan efisien dibandingkan dengan metode konvensional yang selama ini diterapkan. Solusi yang terpenting adalah pelaksanaan pelatihan-pelatihan bagi guru dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran, sehingga guru memiliki kemampuan yang bagus dalam bidang TIK. Dan pengadaan fasilitas juga sangat penting, karena kemampuan guru yang bagus tentang penggunaan media elektronik akan percuma jika fasilitasnya tidak tersedia.
Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter. Kemudian untuk pemerintah, semoga dapat dijadikan keterangan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah jangan hanya dijadikan retorika semata, namun harus ada tindak lanjut yang pasti dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI); Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:25
Last Modified: 03 Jul 2021 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics