Aktualisasi konsep akhlak murid terhadap guru menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta‘limul Mutaalim Tariqut Taalum (studi kasus pada pondok pesantren Qosim Al-Hadi Kuripan Wonolopo Semarang)
Rozanah, Ana (2016) Aktualisasi konsep akhlak murid terhadap guru menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta‘limul Mutaalim Tariqut Taalum (studi kasus pada pondok pesantren Qosim Al-Hadi Kuripan Wonolopo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (652kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (431kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (406kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (293kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (506kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (149kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (192kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (345kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Aktualisasi Konsep Akhlak Murid Terhadap Guru Menurut Az Zarnuji Dalam Kitab Ta‘limul Mutaalim Tariqut Ta’alum
(Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Qosim Al Hadi Kuripan Wonolopo Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Aktualisasi Konsep Akhlak Murid Terhadap Guru Menurut Az Zarnuji Dalam Kitab Ta‘limul Mutaalim Tariqut Ta’alum
(Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Qosim Al Hadi Kuripan Wonolopo Semarang).
Islam sangat menaruh perhatian besar mengenai akhlak. Akhlak yang mulia di tetapkan sebagai asas terpenting dalam Islam untuk membina pribadi dan masyarakat. Dengan akhlak seseorang dapat mencapai kesempurnaan agama, dunia, dan akhiratnya secara bersamaan. Sebagaimana kehancuran dan penyimpangan di dalamnya selalu dikaitkan dengan keterlepasan mereka dari akhlak yang mulia itu. Atas dasar inilah Az-Zarnuji tergugah untuk menulis kitab Ta‘lim Muta’alim.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan kualitatif lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian yang menunjukkan masih relevan atau tidak konsep Az Zarnuji pada masa sekarang dan bagaimana penerapan konsep tersebut di pondok pesantren Qosim Al Hadi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; konsep Az-Zarnuji masih relevan pada masa sekarang, meskipun ada pergeseran dalam pelaksanaannya.
Menghormati ilmu dan guru tidak mengalami pergeseran. Untuk menghormati guru aktualisasinya di Pondok Pesantren Qosim Al Hadi dengan budaya lokal seperti berbicara dengan bahasa kromo untuk tingkatan yang lebih tua. Menghormati ilmu sama dengan menghormati kitab. Adab-adab membawa kitab dengan menggunakan tangan kanan, peletakan kitab, kitab diletakkan paling atas diantara buku-buku kemudian Al-Qur’an.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa konsep Az-Zarnuji masih relevan pada masa sekarang namun diperbaharui dengan budaya lokal. Dengan melihat hasil penelitian diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak, terutama bagi pihak pengurus pesantren dalam meningkatkan akhlak murid di Pondok Pesantren Qosim Al Hadi Kuripan Wonolop Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Jasuri, MSI.; Drs. H. Mustopa, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Akhlak murid; Guru; Pondok pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 07:28 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 07:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6026 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year