Peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi PLSV melalui pendekatan realistic mathematics education di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016
Khikmawanti, Anisa (2016) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi PLSV melalui pendekatan realistic mathematics education di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113511038.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Tamansari pada materi PLSV. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hasil belajar matematika peserta didik kelas VII yang masih terbilang rendah khususnya pada materi PLSV. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik masih di bawah KKM sehingga tingkat ketuntasan klasikal juga masih sangat rendah. Selain itu peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran dan masih belum bisa membangun pemikirannya dengan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi PLSV di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016. Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar yakni sebesar 72,38 dengan ketuntasan klasikal 76,19% dan peningkatan persentase keaktifan belajar matematika peserta didik pada setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Tamansari dengan jumlah 22 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase keaktifan belajar dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,53 poin. Rata-rata kelas untuk hasil belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketuntasan belajar klasikal peserta didik meningkat sebesar 14,29%. Pada keaktifan belajar peserta didik, terdapat peningkatan persentase sebesar 13%.
Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Namun tidak serta merta dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, karena hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengelolaan kelas, kemampuan peserta didik, konsentrasi peserta didik, ketelitian, dan sebagainya. Sehingga disarankan kepada guru agar melakukan pembelajaran inovatif, bervariasi dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.; Dr. H. Shodiq, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Realistic matematic; Keaktifan belajar; Hasil belajar; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 01:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 01:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6085 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year