Pengaruh media poster comment dengan metode think pair share dalam pembelajaran bahasa indonesia materi mengarang terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah Terboyo tahun ajaran 2015/2016
Mutiara, Fatimah Ratna (2016) Pengaruh media poster comment dengan metode think pair share dalam pembelajaran bahasa indonesia materi mengarang terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah Terboyo tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113911018.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalahnya adalah: Apakah media poster comment dengan metode think pair share berpengaruh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah Terboyo?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan tehnik eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu semua kelas IV. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berbentuk uraian.
Dari penelitian yang telah dilakukan mengenai Pengaruh Media Poster Comment dengan Metode Think Pair Share dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengarang terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Islam Al-Fattah Tahun Ajaran 2015/2016, diperoleh kesimpulan bahwa, berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dikemukakan sebelumnya dan juga berdasarkan uji rata-rata satu pihak, maka analisis hasil belajar berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak diperoleh = 3,705 dan = 1,673. Karena thitung > ttabel, maka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menerapkan media poster comment dengan metode think pair share dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi mengarang lebih baik yaitu 81,91 dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional metode ceramah yaitu 73,20, maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik 8,71% dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Oleh karena media poster comment dengan metode think pair share berpengaruh dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi mengarang terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al-Fattah tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Metode pembelajaran; Poster; Hasil belajar; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 01:45 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 05:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6087 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year