Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada materi pokok menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan pada siswa kelas IV MIT Nurul Islam Semarang tahun ajaran 2015/2016

Arifudin, Muhamad (2016) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada materi pokok menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan pada siswa kelas IV MIT Nurul Islam Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini membahas mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pkn materi menggambarkan struktur organisasi Desa dan pemerintah Kecamatan dengan menggunakan metode role playing kelas IV MIT Nurul Islam Semarang. Rendahnya hasil belajar mata pelajaran Pkn yang menjadi latar belakang skripsi ini. Dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah penerapan metode role playing dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik kelas IV MIT Nurul Islam Semarang dalam pembelajaran Pkn dengan materi pokok menggambarkan struktur organisasi Desa dan pemerintah Kecamatan.
Peneliti membahas permasalahan tersebut melalui penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelas IV MIT Nurul Islam Semarang. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang dilaksanakan di MIT Nurul Islam Semarang terdiri atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pelaksanaan siklus I dan siklus II meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Metode tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar peserta didik melalui tes di akhir siklus, Wawancara merupakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan langsung kepada objek untuk mendapatkan jawaban secara langsung sedangkan Dokumentasi adalah metode pengumpulan data dengan cara mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, buku agenda dan sebagainya. Indikator keberhasilan yang diharapkan dari penelitian ini adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran dengan metode role playing melebihi KKM yang telah ditentukan sebelumnya yakni sebesar 65.
Dari hasil ketuntasan belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 34,6% dengan rata-rata kelas 64,24% dan pada proses pelaksanaan pembelajaran disiklus I mengalami peningkatan dengan persentase 65,4% dengan rata-rata kelas 75,58% namun belum mencapai indikator yang telah ditetapkan sebelumnya, dan pada pelaksanaan pembelajaran disiklus II presentase ketuntasan mencapai 96,1 % dengan rata-rata kelas 83,85%. Dengan melihat peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya, sekaligus menjawab hipotesis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV MIT Nurul Islam Semarang dengan penerapan metode pembelajaran role playing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Role playing; Hasil belajar; Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Nov 2016 01:47
Last Modified: 12 Jun 2021 04:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics