Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang
Mustofa, Muhammad (2016) Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (657kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (188kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (350kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (206kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (504kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (162kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka membentuk dan menanamkan nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah proses penanaman nilai-nilai akhlak melaui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hat iterate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang; (2) Bagaimana dampak dari mata pelajaran pencak silat terhadap akhlak siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang?
Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tersebut dibahas melalui studi lapangan yang akan dilaksanakan di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Lemabaga madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat tersebut. Datanya diperoleh melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu, metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencak silat selain berkonsentrasi pada pembinaan akhlak dan jasmani juga dapat digunakan sebagai pembinaan kejiwaan, keberagamaan dan sikap sosial. Pencak silat persaudaraan setia hat iterate (PSHT) memiliki lima aspek yang disebut "panca dasar" yakni 1. Persaudaraan 2. Olahraga, 3. Bela diri, 4. Kesenian dan 5. keruhanian. Dari aspek tersebut diharapkan dapat membentuk sikap pemberani, percaya diri, tanggung jawab, rendah hati dan pantang menyerah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak; Pencak silat; Ekstra kurikuler |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 796 Athletic and outdoor sports and games |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 04:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 09:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6093 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year