Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema sehat itu penting kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang tahun ajaran 2015/ 2016

Dewi, Rista Sumaryaning (2016) Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema sehat itu penting kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang tahun ajaran 2015/ 2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_113911084_Rista_Sumaryaning_Dewi]
Preview
Text (Skripsi_113911084_Rista_Sumaryaning_Dewi)
113911084.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru dalam proses pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Kompetensi pedagogik guru perlu untuk ditingkatkan karena berkaitan dengan pengelolaan kelas dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik.
Skripsi ini membahas tentang analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema Sehat itu Penting kelas V dan kendala-kendala yang dihadapi serta upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema Sehat itu Penting kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang tahun ajaran 2015/ 2016.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema Sehat itu Penting kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang tahun ajaran 2015/ 2016 belum terpenuhi secara menyeluruh. Dari ke lima indikator kompetensi pedagogik menurut PP No. 19 Pasal 28 Ayat 3 (a), ada satu indikator yang belum terpenuhi yaitu perencanaan pembelajaran, guru tidak melakukan perancangan berupa RPP sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, RPP diadakan setelah kegiatan pembelajaran dalam satu tema sudah hampir selesai. Sedangkan pada indikator pemahaman terhadap peserta didik, pelaksanaan pembelajaran, evalusi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki, guru sudah memenuhi ke empat indikator tersebut dengan baik. Kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema “Sehat itu Penting” kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang yaitu (a) cakupan materi yang tidak meluas, (b) penilaian autentik. Kemudian upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala mengenai cakupan materi yang tidak meluas yaitu guru mencari materi/ informasi tambahan melalui internet. Sedangkan untuk masalah penilaian autentik, dari pihak sekolah mengupayakan adanya kegiatan pertemuan/ koordinasi/ rapat/ KKG setiap satu bulan sekali untuk membahas mengenai kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 terutama penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Kurikulum 2013; Pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:48
Last Modified: 12 Jun 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics