Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di SLB M. Surya Gemilang Kec. Limbangan Kab. Kendal
Ni’am, Hilyatin (2016) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di SLB M. Surya Gemilang Kec. Limbangan Kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123111078.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di SLB M. Surya Gemilang Limbangan Kendal. 2) apa saja hambatan dan faktor pendukung yang dihadapi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB M. Surya Gemilang Limbangan Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha memberikan dengan sistematis format fakta-fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Pengumpulan data-data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data, yaitu dengan memadukan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan sumber data baik berupa bahan-bahan kepustakaan, informan, KBM, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam proses pembelajarannya menggunakan beberapa metode, model pendekatan, dan strategi pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode tugas dan resitasi, dan juga metode pengulangan. Dan untuk model pendekatannya yaitu dengan pendekatan klasikal, pendekatan individu, dan pendekatan kasih sayang. Sedangkan Strategi yang digunakan atau yang diterapkan adalah strategi ekspositori dan strategi yang menyenangkan dengan bermain, menyanyi, dan cerita (BMC). 2) hambatan-hambatan dalam pembelajarannya sendiri dibagi menjadi dua yaitu hambatan yang berasal dari dalam kelas dan juga hambatan yang berasal dari luar kelas. 3) dan terdapat faktor pendukung yang menunjang berhasilnya proses pembelajaran yaitu bisa berasal dari siswa, guru, maupun orangtua. Hasil penelitian ini diharapkan proses pembelajaran PAI bagi anak Tunagrahita tidak hanya menggunakan strategi ekspositori dan strategi yang menyenangkan dengan bermain, menyanyi dan cerita saja. Akan tetapi bisa menambahkan strategi lain yang misalnya saja menggunakan media visual seperti menayangkan VCD atau yang lain untuk merangsang dan memotivasi siswa tetap aktif dalam belajar dan tidak mudah jenuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.S.I.; Dr. Ahwan Fanani, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Tunagrahita |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 07:28 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 07:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6123 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year