Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode drill di kelas VII SMP Kyai Ageng Giri Banyumeneng Mranggen Demak tahun pelajaran 2015/2016

Hanifudin, Hanifudin (2016) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode drill di kelas VII SMP Kyai Ageng Giri Banyumeneng Mranggen Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an materi Surat As-Syams dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII SMP KyaiAgengGiriBanyumenengMranggen Demak tahun pelajaran 2015/2016.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP KyaiAgengGiriBanyumenengMranggen Demak, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelasVII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII pada materi Surat As-‘Syams. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 69,47dengan ketuntasan klasikal 66%, pada siklus I meningkat menjadi 73,82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 79,39 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87%
Kata kunci: metode drill, kemampuan membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an; Metode Drill; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:42
Last Modified: 29 Nov 2016 09:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics