Efektivitas penggunaan talking stick berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V pada materi pokok fatkhu makkah di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Kiswati, Eni (2016) Efektivitas penggunaan talking stick berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V pada materi pokok fatkhu makkah di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (627kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (135kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (287kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (243kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (98kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (12MB) | Preview
Abstract
Latar belakang ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektif penggunaan Talking Stick berbantuan CD Pembelajaran efektif dalam hasil belajar kognitif peserta didik kelas V pada materi pokok Fatkhu Makkah di MIT Nurul Islam Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design”. Populasi dalam dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 54, karena populasi kurang dari 100, maka populasi dijadikan sampel dengan kelas VA yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VB yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogen dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan Talking Stick berbantuan CD pembelajaran dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan = 5% diperoleh = 4,14dan = 1,67, karena > maka berarti rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang diberikan pengajaran dengan metode Talking Stick berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pembelajaran konvesional. Berdasarkan hasil perhitungan hasil uji peningkatan peserta didik diperoleh rata-rata hasil perhitungan gain kelas eksperimen (VB) diperoleh rata-rata pretes 67,259 dan rata-rata postes 82,519 sehingga diperoleh gain 0,466 yang memiliki kriteria sedang. Pada kelas kontrol (VA) diperoleh rata-rata pretes 68,593 dan rata-rata postes 73,185 sehingga diperoleh gain 0,146 yang memiliki kriteria srendah.Dapat disimpulkan hasil belajar kognitif lebih efektif menggunakan talking stick berbantuan CD pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Talking stick; Hasil belajar kognitif; Fikih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 06:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6175 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year