Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik antara yang sekolah diniyah dan peserta didik yang tidak sekolah diniyah kelas V di Madarasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara tahun 2015/2016

Sholihah, Siti Hidayatus (2016) Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik antara yang sekolah diniyah dan peserta didik yang tidak sekolah diniyah kelas V di Madarasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat komparatif dan kuantitatif. Penelitian lapangan merupakan suatu penelitian untuk memperoleh data-data yang sebenarnya terjadi dilapangan. Dalam skripsi ini membahas tentang Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik yang Sekolah Diniyah dan Peserta Didik yang Tidak Sekolah Diniyah Kelas V di Madrasa Ibtidaiyah Mifatahul Ulum 1 Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Dimana di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 terdapat peserta didik yang sekolah Diniyah dan peserta didik yang tidak sekolah diniyah, Hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam segi kemampuan membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 yang Sekolah Diniyah? 2) Bagaimana Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah yang Tidak Sekolah Diniyah? 3) Adakah Perbedaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peseta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mifatahul Ulum yang Mengikuti Sekolah Diniyah dan Peserta Didik yang Tidak Mengikuti Sekolah Diniyah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang mengikuti sekolah Diniyah kelas V MI Mifatahul Ulum 1. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang tidak mengikuti sekolah Diniyah kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1. 3) Taraf perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara peserta didik yang sekolah Diniyah dan peserta didik yang tidak mengikuti sekolah Diniyah kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat komparatif dan kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 sebanyak 75 populasi, kemudian dari populasi tersebut diambil sebanyak 30 sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes praktek, wawancara, serta dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an, medote wawancara digunakan untuk mengetahui data peserta didik yang sekolah Diniyah dan peserta didik yang tidak sekolah Diniyah, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang peserta didik dan sekolah.

Dari penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian bahwa : 1) kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang mengikuti sekolah Diniyah termasuk pada kategori “baik” berada pada interval 82 dengan nilai terendah adalah 79 dan nilai tertinggi adalah 84. 2) kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang tidak sekolah Diniyah termasuk pada kategori “baik” berada pada interval 75-76 dengan nilai terendah 71 dan nilai tertinggi 79. 3) terdapat perbedaan yang signifikan tentan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V di MI Miftahul Ulum 1 antara yang mengikuti sekolah Diniyah dan tidak mengikuti sekolah Diniyah, ditunjukkan dengan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an; Sekolah Diniyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:00
Last Modified: 04 Dec 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics