Efektivitas belajar kelompok terhadap hasil belajar materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya mata pelajaran IPS kelas IV semester I MI Ianatusshibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016

Rahayu, Nanik Puji (2016) Efektivitas belajar kelompok terhadap hasil belajar materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya mata pelajaran IPS kelas IV semester I MI Ianatusshibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123911007.pdf]
Preview
Text
123911007.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya Mata Pelajaran IPS Kelas IV Semester I MI Ianatusshibyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang meminta untuk mendalami materi tersebut akibat kurangnya penguasaan materi ketika jam pembelajaran berlangsung di kelas, kurangnya jam belajar siswa di rumah, hal ini disebabkan terlalu banyak waktu bermain anak sehingga ketika diminta untuk belajar mereka mengaku sudah lelah akibatnya kewajiban anak dalam belajar terabaikan. Masih banyak nilai siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh sebab itu perlu adanya perubahan variasi pembelajaran agar peserta didik mampu memahami materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas belajar kelompok terhadap hasil belajar materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya mata pelajaran IPS kelas IV Semester I MI Ianatusshibyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah belajar kelompok efektif terhadap hasil belajar materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya mata pelajaran IPS kelas IV Semester I MI Ianatusshibyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design yang dilaksanakan di kelas IV MI Ianatusshibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan siswa. Datanya diperoleh dengan metode dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan nilai pretest. Kemudian sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Setelah itu kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan belajar kelompok dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Setelah data didapat, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata-rata. Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS siswa diajar dengan belajar kelompok lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh hasil t_hitung = 2,647 sedangkan t_tabel= 2,02 karena t_hitung >t_tabel maka Ho ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 75 dan kelas kontrol 67,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa belajar kelompok efektif terhadap hasil belajar materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya mata pelajaran IPS kelas IV semester I MI Ianatusshibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Belajar kelompok; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:02
Last Modified: 04 Dec 2021 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics