Pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik kelas V semester II mata pelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara tahun ajaran 2015/2016

Noviantika, Novi (2016) Pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik kelas V semester II mata pelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas V pada materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 33 siswa.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis uji korelasi pearson product moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata pada nilai posttest 69,70 sedangkan rata-rata pada nilai pretest adalah 41, 67. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment nilai r = 0,4736, dari hasil perhitungan tersebut kemudian diinterpretasikan pada nilai tabel memperoleh kesimpulan cukup kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh cukup kuat penggunakaan metode bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Semester II mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara tahun ajaran 2015/2016.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bermain peran; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:06
Last Modified: 03 Jul 2021 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics