Upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan melalui model problem based learning peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang tahun 20015/2016

Jannah, Miftakhul (2016) Upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan melalui model problem based learning peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang tahun 20015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911019.pdf]
Preview
Text
123911019.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas V MI Al Khoiriyyah 2 Semarang Tahun 20015/2016”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Problem Based Learing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learing hasil kognitif peserta didik, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat.
Manfaat penelitian ini anatara lain : bagi guru untuk meningkatkan kreativitas guru matematika menemukan model pembelajaran yang lebih efektif dan menarik perhatian minat siswa. Bagi siswa : berlatih berfikir kritis, memecahkan matematika berbasis masalah, meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik melalui model problem based learning. Bagi sekolah : memperoleh masukan kebijakan-kebijakan baru yang dapat dijadikan inovasi untuk meningkatkan mutu sekolah dan meningkatkan pembinaan terhadap guru dalam meningkatkan mutu guru dan sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris adalah classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas adalah kajian sistematik tentang upaya meningkatkan mutu praktik pendidikan oleh sekelompok masyarakat melaui tindakan praktis yang dilakukan dan melalui refleksi atas hasil tindakan tersebut. Manfaat penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan keilmuan dan pengembangan profesi pendidik.
Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang dengan jumlah 16 siswa, yang semuanya laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan lembar observasi siswa serta tas tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model problem based learning dapat meningkatkan :
Melalui model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang pada tahun pelajaran 2015/2016. Pada pra siklus prosentase keaktifan belajar sebesar 50% dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50% , siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 72,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%.
2. Melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang materi operasi pecahan perkalian semester II tahun pelajaran 2015/2016. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%.
Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pecahan perkalian di kelas V MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang pada tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:20
Last Modified: 26 Jun 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics