Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik scramble mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Masruroh, Afif (2016) Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan teknik scramble mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911024.pdf]
Preview
Text
123911024.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan tehnik scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal itu disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran membaca dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang beragam.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan tehnik scramble. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Apakah melalui tehnik scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?
Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap di setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran scramble. Pengumpulan data dilakukan dengan metode : wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes evaluasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: metode pembelajaran scramble dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: guru memberikan permasalahan terkait materi teks bacaan, seperti: siswa disuruh mengurutkan jawaban yang telah diacak kata/kalimatnya dalam lembar jawaban yang telah disediakan sesuai dengan kalimat yang benar dengan kelompoknya masing-masing. Kemudian hasilnya dikumpulkan dan siswa diberikan tes evaluasi akhir berupa soal uraian singkat.
Berdasarkan pada hasil tes evaluasi peserta didik pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada siklus I dari jumlah 20 siswa sebanyak 14 siswa yang dapat menemukan pokok pikiran suatu teks bacaan/percakapan, 16 siswa yang dapat menyimpulkan suatu teks bacaan/percakapan, serta siswa yang dapat menjelaskan setting dari suatu teks bacaan/percakapan sebanyak 19 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan bahwa semua siswa dapat mencapai semua indikator yang telah ditentukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan tehnik scramble berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca; Pemahaman; Metode pembelajaran; Bahasa Indonesia untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 05:37
Last Modified: 26 Jun 2021 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics