Problematika pemahaman teks bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016
Aisyah, Aisyah (2016) Problematika pemahaman teks bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911028.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang sudah dapat membaca, namun terkadang masih kesulitan dalam memahami isi dari bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem atau masalah apa saja yang terjadi dalam memahami suatu bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia, baik yang dialami oleh guru dalam menghadapi siswa saat belajar maupun dialami oleh siswa dalam memahami teks bacaan, serta solusi yang dilakukan guru maupun siswa kelas IV MI Ianatusshibyan dalam menghadapi masalah tersebut.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang berjumlah 33 siswa.Teknis pengumpulan data ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari metode observasi peneliti gunakan untuk memperoleh data sejauh mana siswa dapat memahami teks bacaan, dalam hal ini dilihat dari beberapa aspek membaca pemahaman, sedangkan metode wawancara peneliti gunakan untuk mengetahui problem atau masalah yang dialami dalam memahami teks bacaan dan solusi dalam menghadapi masalah tersebut baik dari guru maupun siswa, dan dari metode dokumentasi peneliti mendapatkan daftar siswa kelas IV MI Ianatusshibyan dan profil sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) problem atau masalah yang dihadapi oleh siswa diantaranya: siswa belum bisa memahami teks bacaan dikarenakan siswa kurang memperhatikan tanda baca saat mereka membaca, sulit menemukan ide pokok dalam bacaan, mengulang isi bacaan, kecepatan dalam membaca, pemahaman makna, mengenal organisasi karangan, mengembangkan imajinasi visual, mengenal detail penting dalam bacaan dan belum bisa mengikuti petunjuk. Dan problem yang dihadapi oleh guru diantaranya: guru cenderung menyampaikan materi dengan (2 metode klasik, strategi-strategi yang baru belum diterapkan dalam pembelajaran, dan menghadapi siswa yang hyperaktive) usaha atau solusi dalam menghadapi problem tersebut diantaranya dengan upaya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang kreatif, guru lebih mengajak siswa untuk menganalisa suatu bacaan, dan bagi siswa lebih teliti, cermat dan konsentrasi dalam membaca. Dari hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas IV MI Ianatusshibyan belum sepenuhnya dapat memahami teks bacaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Zulaikhah, M. Ag., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman teks; Membaca; Bahasa Indonesia untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 05:43 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 05:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6188 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year