Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui penerapan metode reading aloud mata pelajaran Al-Quran dan Hadits pada siswa kelas II MI Branjang Ungaran Barat tahun pelajaran 2015/2016
Murofiatun, Murofiatun (2016) Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui penerapan metode reading aloud mata pelajaran Al-Quran dan Hadits pada siswa kelas II MI Branjang Ungaran Barat tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (196kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (337kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas penerapan metode reading aloud dalam
meningkatkan kemampuan siswa menghafal surat pendek mata pelajaran Al-qur’an dan Hadits. Kajianya dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat siswa dalam menghafal surat pendek mata pelajaran Al-qur’an dan Hadits. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1). Bagaimana kemampuan siswa kelas II MI Branjang tahun 2015/2016 dalam menghafal surat pendek? (2). Apakah penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II MI Branjang tahun 2015/2016 dalam menghafal surat pendek? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan di MI Branjang pada siswa kelas II. Kelas II MI Branjang tersebut dijadikan sumber data untuk mengetahui kemampuan menghafal surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Datanya diperoleh dengan cara tes untuk mengetahui kemampuan menghafal surat pendek siswa, metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui metode Reading Aloud, dan metode dokumentasi untuk mengetahui nama siswa, jumlah siswa dan Rencana Kegiatan Harian. Semua data dianalisis dengan pendekatan naturalistik dengan analisis deskriptif atau apa adanya.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1). Kemampuan siswa kelas
II MI Branjang dalam menghafal surat pendek mata pelajaran Alqur’an dan Hadits sebelum diterapkannya metode reading aloud nilai rata-rata 52 dengan kriteria kurang hanya 6 siswa yang nilainya cukup yang lainnya kurang/sangat kurang. (2). Kemampuan siswa ii kelas II MI Branjang dalam menghafal surat pendek mata pelajaran Al-qur’an dan Hadits setelah diterapkannya metode reading aloud meningkat menjadi 65 dengan kriteria cukup dan hanya 4 siswa yang
nilainya kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menghafal surat pendek siswa meningkat lagi menjadi 76 dengan kriteria baik dan siswa semuanya dinyatakan tuntas. Disamping itu keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan metode reading aloud ini juga meningkat setelah diberikan tindakan. Peningkatan ini dapat diidentifikasi dari aktifitas siswa yang diamati seperti keseriusan siswa dalam menghafal surat pendek, siswa
mengerjakan perintah guru dengan baik, siswa menjawab pertanyaan dari guru, dan siswa memperhatikan penjelasan guru. Beberapa aspek tersebut mengalami peningkatan tiap siklus sebagai bukti bahwa penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek. Temuan tersebut memberikan acuan bagiguru maupun praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal surat pendek; Metode pembelajaran; Menghafal Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 08:30 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6231 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year