Peningkatan hasil belajar aspek kognisi peserta didik menggunakan metode learning start with a question pada pelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Idul Adha kelas IV semester genap di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2015/2016
Qomariyah, Noor (2016) Peningkatan hasil belajar aspek kognisi peserta didik menggunakan metode learning start with a question pada pelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Idul Adha kelas IV semester genap di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (398kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (200kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (527kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (961kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (88kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar aspek kognisi peserta didik menggunakan metode Learning Start With A Question pada pelajaran fiqih pokok bahasan Sholat Idul Adha kelas IV semester genap di MI Tarbiyatul Athfal Wedung demak tahun pelajaran 2015/2016
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik ketuntasan belajar 65% dan rata-rata kelas 6,5.
Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Adapun data yang dianalisis yaitu hasil tes tertulis tentang pelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Idul Adha, terdiri dari: ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan data belajar individu , nilai yang diperoleh Siswa secara individual dianalisis 55,93%. Dengan demikian, siswa belum dikatakan tuntas belajarnya secara individual, karena belum mencapai nilai minimal 65.Berdasarkan data belajar klasikal , nilai yang diperoleh Siswa secara klasikal dianalisis 18,75%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 55,93.
Dengan demikian, siswa belum dikatakan tuntas belajarnya secara klasikal, karena belum mencapai nilai minimal 65.
Pada Siklus 1 dilaksanakan satu pertemuan dan Siklus dua dilaksanakan dengan satu pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai hasil belajar secara individu 62,75%, nilai hasil belajar secara klasikal 46,875%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 62,75.
Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan, nilai peserta didik secara individual 79%, nilai peserta didik secara klasikal 96,87 %, nilai rata-rata hasil tes tertulis 79. dengan ketuntasan minimal individu dan klasikal 65%. nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu secara individual mencapai 79%, dan secara klasikal mencapai 96,87%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 79. dengan ketuntasan minimal 65%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model Learning Start With A Question.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognisi peserta didik kelas IV semester genap pada pelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Idul Adha di MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Shalat sunnah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 08:32 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 02:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6233 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year