Peningkatan hasil belajar Fikih materi Thoharoh menggunakan metode demonstrasi berbantu media audio visual pada peserta didik kelas I MI Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Sofiyati, Sri (2016) Peningkatan hasil belajar Fikih materi Thoharoh menggunakan metode demonstrasi berbantu media audio visual pada peserta didik kelas I MI Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran materi thoharoh di kelas I MI Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yang dikatakan belum berhasil. Hal ini dibuktikan dengan hasil ulangan harian beberapa siswa pada mata pelajaran fiqih materi wudhu yang nilainya dibawah KKM. Dalam nilai ulangan harian tersebut masih ada 6 siswa yang nilainya dibawah KKM mata pelajaran fiqih
yaitu 75. Dan hanya 64% dari 17 siswa yang mampu mencapai KKM. Pada kegiatan pembelajaran tersebut, guru belum maksimal dalam menggunakan metode demonstrasi, siswa juga merasa jenuh dan bosan pada kegiatan pembelajaran itu. Oleh sebab itu, dalam skripsi ini peneliti ingin memaksimalkan metode demonstrasi dan lebih membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran dengan suasana baru dengan penggunaan media audio visual. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimanakah penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran fikih materi wudhu pada siswa kelas I MI Kalisidi 02 Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang Tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimanakah
penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih materi wudhu pada siswa kelas I MI Kalisidi 02 Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang Tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimanakah hasil belajar dalam pembelajaran fikih materi wudhu menggunakan media audiovisual dan metode demonstrasi pada siswa kelas I MI Kalisidi 02 Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang Tahun pelajaran 2015/2016? 4) Adakah peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran fikih materi wudhu
menggunakan media audiovisual dan metode demonstrasi pada siswa kelas I MI Kalisidi 02 Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang Tahun pelajaran 2015/2016?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Fiqih materi thoharoh menggunakan media audio visual dan metode demonstrasi pada peserta didik kelas I MI Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dimana pra
siklus siswa yang tuntas ada 11 siswa atau 64,71%, naik signifikan pada siklus I menjadi ada 14 peserta didik atau 82,35%, dan pada siklus II yang tuntas sudah mencapai 16 siswa atau 94,12%, melebihi dari yang peneliti tetapkan. Hal ini menunjukkan indikator yang ditetapkan oleh peneliti sudah tercapai, yaitu 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdur Rahman, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Media pembelajaran; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:15
Last Modified: 08 Dec 2021 10:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics