Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi tanda baca waqaf dan wasal melalui penerapan strategi index card match pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Duren Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Salam, Miftachus (2016) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi tanda baca waqaf dan wasal melalui penerapan strategi index card match pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Duren Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (769kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (230kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (281kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (162kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (389kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (231kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (959kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penggunaan strategi Index Card Match yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis terutama pada materi mengenal tanda baca waqaf dan wasal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Apakah penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas II MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang ?
Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Duren yang datanya diperoleh melalui lembar observasi dan hasil akhir tes formatif. Kajian ini menunjukkan bahwa : Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan strategi Index Card Match mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari hasil perubahan nilai rata-rata kelas dari tiap siklusnya yakni prasiklus 56,25 dilanjutkan pada siklus pertama 71,25 dan kemudian pada siklus II 82,05. Keberhasilan penelitian ini juga dapat dilihat dari perubahan prosentase yang mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yakni prasiklus 37,5 % siklus pertama 56,25 % dan siklus kedua 87,5 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Ilmu Tajwid |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 00:25 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6253 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year